Utami, Luh Gede Sri (2025) EVALUASI PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DENGAN MODEL CIPP PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMAN 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114031019-COVER.pdf Download (715kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114031019-ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2114031019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031019-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031019-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114031019-LAMPIRAN.pdf Download (672kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Sukasada menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, dan Product), dan (2) Menganalisis upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi pada penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Sukasada. Penelitian didesain sebagai penelitian evaluasi dengan model CIPP menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan analisis tabel dan analisis kualitatif dengan interpretatif. Kelompok sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI yang ditentukan menggunakan multistage random sampling, kemudian kelas sampel ditentukan dengan pertimbangan tertentu dan menggunakan teknik undian, sehingga dari hasil undian diperoleh kelas X.B dan XI.B sebagai sampel. Dari kedua kelas tersebut, ukuran sampelnya juga ditentukan dengan rumus Slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5%. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, survei, dokumentasi, dan pencatatan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Geografi yang dievaluasi menggunakan model CIPP berada pada kategori sangat baik, baik dari perspektif guru maupun siswa. Meskipun masih terdapat sedikit perbedaan persepsi antar siswa dan guru pada komponen input, hal ini menandakan bahwa pengalaman langsung siswa pada pembelajaran lebih realistis dibanding guru karena guru berfokus pada aspek pelaksanaan teknis. (2) Upaya guru dalam mengatasi kendala tersebut dengan cara memanfaatkan media sederhana, menggunakan platform digital, dan menyusun/ memodifikasi modul ajar, menciptakan pembelajaran berdiferensiasi, mempelajari teknologi secara mandiri, memanfaatkan berbagai sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian, model CIPP dapat digunakan untuk menangkap komponen context, input, process, dan product dengan jangkauan lebih luas dan mendalam serta bisa dikembangkan dengan menambahkan komponen outcome, sehingga menjadi model CIPPO.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Model CIPP, Pembelajaran Geografi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Luh Gede Sri Utami |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 01:12 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |