PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RITATOON BERBANTUAN QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPAS KELAS V SD

SUPARTINI, MADE YUNI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RITATOON BERBANTUAN QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPAS KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031291-COVER.pdf

Download (831kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031291-ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031291-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031291-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031291-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031291-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031291-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031291-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031291-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran yang tepat, khususnya di sekolah dasar. Namun, pembelajaran IPAS di SD Negeri 2 Banyuning masih didominasi oleh metode konvensional dan minim inovasi media, sehingga minat belajar siswa tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ritatoon berbantuan Qr-Code guna meningkatkan minat belajar siswa pada muatan IPAS materi Daerahku Kebanggaanku kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dengan instrumen rating scale. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest– posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Media Ritatoon berbatntuan Qr-Code yang dikembangkan memiliki validitas media 0.975 dengan kualifikasi validitas tinggi, (2) Media Ritatoon berbatntuan Qr-Code yang dikembangkan memiliki validitas materi 0.95 dengan kualifikasi validitas tinggi. (3) kepraktisan media memperoleh hasil yang sangat baik, dengan pencapaian kepraktisan oleh guru 98% dan siswa 97,8%. (4) Nilai signifikan (2-tailed) pada Paired Sample T-Test memperoleh skor sebesar 0,000 < 0,05. (5) Media efektif meningkatkan minat belajar siswa dengan nilai signifikansi untuk pre-test adalah 0,124 dengan nilai rata-rata siswa 66.6 dan untuk post-test sebesar 0,261 dengan nilai rata-rata siswa 87.8. Dengan demikian, media pembelajaran Ritatoon berbantuan Qr-Code efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi Daerahku Kebanggaanku kelas V SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Ritatoon, Qr-Code, Minat Belajar, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Made Yuni Supartini
Date Deposited: 25 Jul 2025 03:14
Last Modified: 25 Jul 2025 03:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26055

Actions (login required)

View Item View Item