SUPARTINI, MADE YUNI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN RITATOON BERBANTUAN QR-CODE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPAS KELAS V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031291-COVER.pdf Download (831kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031291-ABSTRAK.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031291-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031291-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031291-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
2111031291-BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031291-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031291-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031291-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran yang tepat, khususnya di sekolah dasar. Namun, pembelajaran IPAS di SD Negeri 2 Banyuning masih didominasi oleh metode konvensional dan minim inovasi media, sehingga minat belajar siswa tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Ritatoon berbantuan Qr-Code guna meningkatkan minat belajar siswa pada muatan IPAS materi Daerahku Kebanggaanku kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode kuesioner dengan instrumen rating scale. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest– posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Media Ritatoon berbatntuan Qr-Code yang dikembangkan memiliki validitas media 0.975 dengan kualifikasi validitas tinggi, (2) Media Ritatoon berbatntuan Qr-Code yang dikembangkan memiliki validitas materi 0.95 dengan kualifikasi validitas tinggi. (3) kepraktisan media memperoleh hasil yang sangat baik, dengan pencapaian kepraktisan oleh guru 98% dan siswa 97,8%. (4) Nilai signifikan (2-tailed) pada Paired Sample T-Test memperoleh skor sebesar 0,000 < 0,05. (5) Media efektif meningkatkan minat belajar siswa dengan nilai signifikansi untuk pre-test adalah 0,124 dengan nilai rata-rata siswa 66.6 dan untuk post-test sebesar 0,261 dengan nilai rata-rata siswa 87.8. Dengan demikian, media pembelajaran Ritatoon berbantuan Qr-Code efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS materi Daerahku Kebanggaanku kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Ritatoon, Qr-Code, Minat Belajar, IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Made Yuni Supartini |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:14 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |