SUHERPAN, SUHERPAN (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI TEKS BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH WILAYAH VII KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2229041071-COVER.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2229041071-ABSTRAK.pdf Download (670kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041071-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041071-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041071-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041071-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041071-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041071-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (970kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2229041071-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi teks Bahasa Indonesia siswa kelas V Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah Wilayah VII Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2023/ 2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik simple random sampling dimana objek penelitian dipilih secara acak tanpa memperhatikan karakteristik tertentu, penggunaan teknik ini bertujuan untuk memberikan peluang yang sama kepada setiap anggota populasi untuk terpilih sebagai subjek penelitian, sehingga menghasilkan sampel yang lebih representative. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yang terdiri dari redukasi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dapat di paparkan mengenai kemampuan literasi teks bahasa indonesia siswa cukup baik. Kemampuan literasi teks bahasa indonesia dapat di kategorikan menjadi empat kategori. 1). kategori sangat baik tidak ada dengan presentase 0%, 2). Kategori baik terdapat 9 siswa dengan presentase 23%, 3). Kategori cukup baik terdapat 28 siswa dengan presentase 71% dan 4). Kategori kurang baik terdapat 2 siswa dengan presentase 5%. Kemampuan literasi teks bahasa indonesia pada indikator (1) Kemampuan literasi sangat rendah, terdapat 2 orang siswa dengan presentase sebesar 5,12%. Pada indikator (2) Kurang memahami tsaya baca terdapat 0 orang siswa dengan persentase 0,00%. Pada indikator (3) Tidak bias menjelaskan kembali teks bacaan yang dibaca terdapat 28 orang siswa dengan pesentase 71,79%. Pada indikator (4) Mampu menjelaskan kembali teks bacaan terdapat 9 orang siswa dengan persentase 23,07%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar siswa memiliki kemampuan membaca yang cukup baik, namun terdapat tantangan besar dalam kemampuan pemahaman dan penjelasan kembali teks bacaan. Hal ini mengindikasikan perlunya peningkatan dan intervensi lebih lanjut untuk memperkuat kemampuan literasi siswa, khususnya dalam hal pemahaman dan kemampuan mengomunikasikan kembali isi bacaan. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Teks Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Literasi Teks Bahasa Indonesia |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Suherpan |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 15:08 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 15:08 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26138 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |