PENGARUH METODE SOSIODRAMA BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 4 MAMBEN DAYA

MASHAL, HADI (2025) PENGARUH METODE SOSIODRAMA BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V DI SDN 4 MAMBEN DAYA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2229041085-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229041085-ABSTRAK.pdf

Download (690kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229041085-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229041085-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229041085-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229041085-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229041085-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229041085-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229041085-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK HADI MASHAL, 2025, “PENGARUH METODE SOSIODRAMA BERBASIS AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDODNESIA KELAS V DI SDN 4 MAMBEN DAYA” Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Kata-kata Kunci : Sosiodrama Berbasis Audio Visual, Motivasi Belajar, Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Metode Sosiodrama Berbasis Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Di SDN 4 Mamben Daya. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan pembelajaran Sosiodrama Berbasis udio Visual dan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan secara random. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SDN 4 Mamben Daya yaitu 101 siswa. Sebanyak 45 siswa terpilih menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti Metode Sosiodrama Berbasis Audio Visual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SDN 4 Mamben Daya. Kedua, terdapat perbedaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti Metode Sosiodrama Berbasis Audio Visual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SDN 4 Mamben Daya. Ketiga, terdapat perbedaan motivasi belajar dan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia secara simultan antara siswa yang mengikuti Metode Sosiodrama Berbasis Audio Visual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SDN 4 Mamben Daya Kesimpulannya, Metode Sosiodrama Berbasis Audio Visual efektif dalam meningkatkan motivasi dan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sosiodrama Berbasis Audio Visual, Motivasi Belajar, Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia, Audio Visual Based Sociodrama, Learning Motivation, Ability to Speak Indonesian.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mashal Hadi
Date Deposited: 26 Jul 2025 09:30
Last Modified: 26 Jul 2025 09:30
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26141

Actions (login required)

View Item View Item