Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Konstruktivistik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SD Negeri 2 Penglatan Tahun Ajaran 2024/2025

Adicondro, Catur Satrio (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Konstruktivistik pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V di SD Negeri 2 Penglatan Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1811021039-COVER)
1811021039-COVER.pdf

Download (494kB)
[img] Text (1811021039-ABSTRAK)
1811021039-ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text (1811021039-BAB 1 PENDAHULUAN)
1811021039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (461kB)
[img] Text (1811021039-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811021039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (1811021039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811021039-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (1811021039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811021039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text (1811021039-BAB 5 PENUTUP)
1811021039-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (1811021039-DAFTAR PUSTAKA)
1811021039-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)
[img] Text (1811021039-LAMPIRAN)
1811021039-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun, menguji kelayakan, dan menguji efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis konstruktivistik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD, dengan fokus pada topik “Bergerak Bersama”. Media ini dikembangkan mengikuti tahapan model ADDIE yang mencakup analisis kebutuhan siswa, desain media, pengembangan konten, implementasi, dan evaluasi. Hasil analisis awal menunjukkan bahwa Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran dengan tingkat daya serap paling rendah di SD Negeri 2 Penglatan, sehingga diperlukan inovasi media pembelajaran yang menarik, mudah diakses, dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Media dikembangkan menggunakan platform Canva, dilengkapi dengan fitur interaktif seperti Padlet untuk diskusi kolaboratif, Wordwall untuk kuis penguatan, dan Quizizz untuk evaluasi belajar. Validasi dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli isi materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media, serta melalui uji coba kepada siswa secara perorangan dan kelompok kecil. Hasil validasi menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori sangat layak, dengan rentang kelayakan 88%–96% dari para ahli dan lebih dari 93% dari siswa. Untuk menguji efektivitas media, dilakukan pre-test dan post-test. Hasil uji-t berpasangan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan, dari rata-rata 53,33 menjadi 81,67, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian, media pembelajaran interaktif ini terbukti valid, layak, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Konstruktivistik, Bahasa Indonesia, ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Catur Satrio Adicondro
Date Deposited: 28 Jul 2025 05:22
Last Modified: 28 Jul 2025 05:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26190

Actions (login required)

View Item View Item