Pinayungan, Christina (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI FLUIDA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI IPA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113021018-COVER.pdf Download (869kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113021018-ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113021018-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113021018-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113021018-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021018-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113021018-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021018-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113021018-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini ialah penelitian pengembangan yg bertujuan buat membuat produk berupa video pembelajaran fisika pada materi fluida yang valid serta mudah buat digunakan pada pembelajaran. Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya minat belajar siswa dan penggunaan metode dan media pembelajaran yg diklaim kurang menarik. Penelitian ini memakai model pengembangan 4D (Defenisi, Desain, Pengembangan, serta Penyebaran), tetapi karena keterbatasan, pengembangan hanya dilakukan hingga tahap Pengembangan. termin defenisi meliputi analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis konsep, serta tujuan pembelajaran. tahap desain meliputi pemilihan media dan format, dan perancangan awal produk video. pada termin pengembangan, dilakukan validasi produk sang ahli media dan pakar materi, serta uji praktikalitas oleh pengajar dan peserta didik melalui angket respons. akibat validasi ahli media memberikan persentase 83,33% serta pakar materi 88,12%, yg keduanya termasuk dalam kategori sangat layak. Uji praktikalitas menunjukkan respons sangat praktis dengan persentase 94,11% dari guru dan 89,87% berasal siswa. menggunakan demikian, video pembelajaran yg dikembangkan dinyatakan valid serta mudah buat digunakan di proses pembelajaran fisika pada materi fluida. Kata Kunci: Video pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Christina O. Pinayungan |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 08:30 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 08:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |