Siburian, Mutiara Anjelina (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA METERI SUHU DAN PERUBAHANNYA UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113071024-COVER.pdf Download (710kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113071024-ABSTRAK.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113071024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113071024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113071024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113071024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113071024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113071024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113071024-LAMPIRAN.pdf Download (18MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi suhu dan perubahannya serta menguji tingkat validitas dan kepraktisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap Develop. Subjek uji validitas adalah 2 orang validator ahli dosen pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha. Subjek uji kepraktisan adalah 5 orang guru IPA SMP (2 orang guru SMP Negeri 4 Sukasada, 1 orang guru SMP Negeri 6 Singaraja, dan 2 orang guru SMP Negeri 8 Singaraja) serta 10 orang peserta didik kelas VII SMP (5 orang peserta didik SMP Negeri 4 Sukasada dan 5 orang peserta didik SMP Negeri 8 Singaraja). Objek dalam penelitian ini adalah uji validitas dan kepraktisan. Hasil penelitian ini diperoleh karakteristik produk yaitu LKPD IPA cetak serta kegiatan pembelajaran dalam LKPD IPA menggunakan sintaks model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Hasil valididasi oleh dosen ahli diperoleh presentasi nilai dengan skor sebesar 1,00 dengan kualifikasi sangat valid. Hasil kepraktisan oleh guru bidang studi IPA diperoleh skor sebesar 3,65 dengan kualifikasi sangat praktis. Hasil uji kepraktisan peserta didik melalui uji keterbacaan diperoleh presentasi skor sebesar 3,64 dengan kualifikasi sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa LKPD IPA berbasis Inkuiri Terbimbing memenuhi kriteria “sangat valid” dan “sangat praktis”. Berdasarkan hasil tersebut LKPD IPA berbasis inquiry terbimbing pada materi suhu dan perubahannya yang dikembangkan terkategori layak dan dapat diuji ke tahap berikutnya yakni uji keefektivan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, LKPD, Inkuiri Terbimbing, Suhu dan Perubahannya. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Mutiara Anjelina Siburian |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 06:46 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 06:46 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26234 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |