PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PhET SIMULATIONS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Pardede, Marta (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PhET SIMULATIONS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2113021011-COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113021011-ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2113021011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2113021011-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text (BAB METODELOGI PENELITIAN)
2113021011- BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021011- BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2113021011-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113021011-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulations dengan model pembelajaran Langsung/Direc Intruction (DI). Jenis penelitian ini yaitu quasi-eksperimental dengan desain yang digunakan ialah the non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi kajian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kubutambahan sebanyak 120. Pada penelitian ini dua kelas digunakan sebagai sampel penelitian yang dipilih dengan teknik random assignment dengan total sampel yaitu 60. Data hasil belajar diukur melalui instrumen tes pilihan berganda yang memiliki realibilitas 0,82 dan konsistensi internal butir berada pada rentang 0,35-0,84. Data yang didapatkan dianalisis dengan analisis deskriptif, uji ANAKOVA satu jalur, dan uji lanjut LSD dengan taraf signifikansinya yaitu 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai posttest siswa pada model inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulatons yaitu 81,94 (SD = 7,66) dan pada model pembelajaran langsung yaitu 61,11 (SD = 7,78). Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang cukup signifikan secara deskriptif antara kedua kelompok. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara siswa yang mengikuti model inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulations dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung (DI) (F=41,099; p <0,01). Hasil inkuiri terbimbing berbantuan PhET Simulatons lebih baik diterapkan dibandingkan dengan model pembelajaran langsung (DI). Berdasarkan hasil uji LSD dengan hasil yaitu 3,921, maka model inkuiri terbimbing berbantuan PhET simulations Secara statistik terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa dibandingkan model pembelajaran langsung (DI).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model inkuiri terimbing berbantuan PhET simulations, model pembelajaran langsung (DI), hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Marta Marombas Pardede
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:07
Last Modified: 30 Jul 2025 09:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26237

Actions (login required)

View Item View Item