PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 2 BANJAR

Yunita, Putu Lia (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP NEGERI 2 BANJAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329091010-COVER.pdf

Download (501kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329091010-ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329091010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329091010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329091010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329091010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329091010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329091010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329091010-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Digital berbasis Aplikasi Canva untuk meningkatkan Minat dan Hasil Belajar siswa dalam pembelajarn IPS SMP. Berkenaan dengan itu, didesain penelitian dan pengembangan menggunakan Model ADDIE dengan lima tahapannya, Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Uji coba dilakukan pada Kelas VIII di SMP Negeri 2 Banjar. Pengumpulan data menggunakan metode survei, observasi, angket, dan tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prosedur pengembangan media pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva melalui 5 tahapan sesuai dengan Model ADDIE, (2) minat belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya media pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva dalam pembelajaran IPS, sebesar 36,93 %, (3) Hasil belajar siswa setelah diterapkannya media pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan sebesar 48,71.%, (4) media pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa dalam pembelajaran IPS memiliki validitas sangat tinggi (kategori sangat layak), (5) media pembelajaran digital berbasis aplikasi Canva dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPS siswa dalam pembelajaran IPS memiliki tingkat efektivitas tinggi (N-Gain = 0,71/kategori efektif).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Digital, Canva, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Putu Lia Yunita
Date Deposited: 29 Jul 2025 12:54
Last Modified: 29 Jul 2025 12:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26261

Actions (login required)

View Item View Item