Yanti, Dayu Kade Indah Dwi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Seririt. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2114031009-COVER.pdf Download (751kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2114031009-ABSTRAK.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2114031009-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (588kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2114031009-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap siswa kelas X di SMA Negeri 1 Seririt, serta menganalisis pengaruhnya terhadap peningkatan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kedua aspek tersebut dalam pembelajaran geografi. Penelitian ini di desain sebagai penelitian eksperimen semu dengan equivalent Control Grup Design. Kelas X.3 (eksperimen) dan Kelas X.8 (kontrol) dipilih menggunakan Simple Random Sampling pada kelas yang setara. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, test kuesioner dan tes esai yang telah divalidasi dan selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif dan inferensial uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan sikap ilmiah dan keterampilan berpikir kreatif siswa. Struktur pembelajaran yang mengedepankan eksplorasi, pertukaran ide, dan diskusi kelompok memberikan pengaruh nyata model inkuiri terbimbing efektif dalam membentuk sikap ilmiah dan mengasah keterampilan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inkuiri terbimbing, sikap ilmiah, keterampilan berpikir kreatif |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1) |
Depositing User: | Dayu Kade Indah Dwi Yanti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 04:22 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 04:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |