PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH TERBUKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS VI KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Purwati, Gusti Ayu Made (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI PEMECAHAN MASALAH TERBUKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS VI KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031290-COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031290-ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031290-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031290-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031290-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031290-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031290-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031290-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031290-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
1611031290-COVER.pdf

Download (606kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi pemecahan masalah terbuka terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalen post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 180 siswa yang merupakan seluruh siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan memilih 2 kelas dari 7 kelas anggota populasi. Siswa kelas IV SD Negeri 4 Kampung Baru sebagai kelompok eksperimen berjumlah 23 orang dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Kampung Baru sebagai kelompok kontrol berjumlah 23 orang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar matematika adalah tes dalam bentuk esai sebanyak 5 butir soal. Data yang dikumpulkan yaitu data hasil belajar matematika dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yaitu mendapatkan rata-rata hasil post-test pada kelompok eksperimen sebesar 18,17 dan pada kelompok kontrol sebesar 11,04. Hasil analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan dk= 44 didapat ttabel = 1,680 dan thitung = 17,825 hal ini berarti thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima, dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan dengan kelompok siswa yang tidak diberikan perlakukan. Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi pemecahan masalah terbuka berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Gugus VI Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inkuiri terbimbing, pemecahan masalah terbuka, hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Made Purwati
Date Deposited: 28 Jul 2020 03:25
Last Modified: 28 Jul 2020 03:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item View Item