Suartini, Kadek Putri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD DI GUGUS III KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031188-COVER.pdf Download (787kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031188-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031188-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031188-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031188-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031188-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031188-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031188-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031188-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual terhadap motivasi belajar IPA siswa. Penelitian pra-eksperimen ini menggunakan desain static group comparison. Populasi penelitian ini berjumlah 119 orang. Untuk sampel penelitian berjumlah 24 orang siswa SD N 1 Poh Bergong dan 32 orang siswa SD N 1 Jinengdalem. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random dan yang di random adalah kelas sebagai intact group. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t dan uji d Cohen). Ditemukan perbedaan motivasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual dengan (thitung = 8,78 > ttabel = 1,67). Selain itu, ditemukan pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual terhadap motivasi belajar IPA siswa dengan nilai d = 2,41 sehingga d > 0,8. Perbedaan hasil hitung rata-rata nilai motivasi belajar IPA siswa pada kelompok eksperimen adalah 132,5 dan pada kelompok kontrol adalah 90,53. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV di Gugus III Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | make a match, audio visual, motivasi belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KADEK PUTRI SUARTINI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 05:28 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 05:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2634 |
Actions (login required)
View Item |