PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA

Permadi, I Made Dika (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113021014-COVER.pdf

Download (465kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113021014-ABSTRAK.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB I PENDAHUUAN)
2113021014-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (267kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2113021014-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2113021014-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021014-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2113021014-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113021014-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model problem based learning dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran direct instruction di SMA Negeri 1 Petang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian one way non-equivalent pre test post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Petang. Penelitian ini menggunakan teknik random assignment (pembagian acak) dengan menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu XI 1 dan XI 3 yang masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar yang berjumlah 20 butir soal objektif dengan koefisien reliabilitas sebesar α= 0,718. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan diuji hipotesis dengan analisis kovarian (ANAKOVA) dan uji lanjut LSD dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara model problem based learning dan model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Petang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis menggunakan ANAKOVA yang menunjukkan nilai F didapatkan sebesar F = 17,230 dengan signifikansi 0,001. Nilai F = 17,230 lebih besar dari Ftabel 3,998 dan angka signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning mendorong siswa untuk lebih aktif dan memberikan gagasan inovatif dalam menyelesaikan masalah, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: probem based learning, direct instruction, hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: I Made Dika Permadi
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:29
Last Modified: 06 Aug 2025 07:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26435

Actions (login required)

View Item View Item