Permadi, I Made Dika (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113021014-COVER.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113021014-ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHUUAN)
2113021014-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2113021014-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2113021014-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (686kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021014-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
2113021014-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021014-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113021014-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model problem based learning dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran direct instruction di SMA Negeri 1 Petang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian one way non-equivalent pre test post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Petang. Penelitian ini menggunakan teknik random assignment (pembagian acak) dengan menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu XI 1 dan XI 3 yang masing-masing kelas berjumlah 32 siswa. Data hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar yang berjumlah 20 butir soal objektif dengan koefisien reliabilitas sebesar α= 0,718. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan diuji hipotesis dengan analisis kovarian (ANAKOVA) dan uji lanjut LSD dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara model problem based learning dan model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Petang. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis menggunakan ANAKOVA yang menunjukkan nilai F didapatkan sebesar F = 17,230 dengan signifikansi 0,001. Nilai F = 17,230 lebih besar dari Ftabel 3,998 dan angka signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning mendorong siswa untuk lebih aktif dan memberikan gagasan inovatif dalam menyelesaikan masalah, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | probem based learning, direct instruction, hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | I Made Dika Permadi |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 07:29 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 07:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |