Meriah, Eri (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM DENGAN MEDIA LOOSEPART TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF ANAK KELOMPOK B DI TK BUNDA PENGANTARA RAHMAT NGEDUKELU. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2229171009-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2229171009-ABSTRAK.pdf Download (680kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229171009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229171009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229171009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229171009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2229171009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229171009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (897kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2229171009-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Eri Meriah (2025), Pengaruh Pembelajaran Berbasis Steam Dengan Media Loosepart Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Anak Kelompok B Di Tk Bunda Pengantara Rahmat Ngedukelu.Tesis Pendidikan anak usia dini, program pascasarjana,universitas Pendidikan Ganesha, pembimbing I Prof. Dr. M.G. Rini kristiantari,M.Pd. dan pembimbing II Dr. Didith Pramunditya Ambara,S.Psi, MA. Kata kunci: STEAM, loose part, berpikir kritis, berpikir kreatif, anak usia dini Pengaruh pembelajaran STEAM Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran yang berbasis STEAM dengan media loose part terhadap kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yakni rendahnya kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif anak pada TK Bunda Pengatara Rahmat Ngedukelu. Pembelajaran yang dilakukan masih bersifat konvensional dan kurang variatif. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain post test only control group design. Subjek penelitian terdiri dari 30 anak yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran berbasis STEAM dengan media loose part dan kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan realibitasnya dengan menggunakan instrument observasi dengan rating scale 14. Hasil analisis statistik uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,000, atau p < 0,05 yang artinya pembelajaran dengan menggunakan pendekatan STEAM media loose part memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada anak secara simultan. Pembelajaran STEAM loose part efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STEAM, loose part, berpikir kritis, berpikir kreatif, anak usia dini, critical thinking, creative thinking, early childhood |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (S2) |
Depositing User: | Eri Meriah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 07:36 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 07:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |