B.HS, Heni Adawiyah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SD GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031151-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031151-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031151-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031151-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031151-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031151-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031151-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031151-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031151-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah One Shot-Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di Gugus VI Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 178 orang. Sedangkan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Panji Anom yang ditentukan dengan cara mengambil undian dari 7 (tujuh) sekolah yang ada di Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Data Kemampuan membaca pemahaman siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda mata pelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan indikator kemampuan membaca pemahaman. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistika inferensial (Uji T Burning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD didapat (nilai signifikansi = 0,000 < 0,05). Dengan adanya model pembelajaran ini akan menjadi alternatif guru dalam merancang proses pembelajaran yang lebih inovatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca pemahaman, model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition (CIRC). |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | HENI ADAWIYAH. B.HS |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 20:12 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 20:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2648 |
Actions (login required)
View Item |