Barus, Anggereni Br (2025) PERSEPSI SISWA SMAN 2 SINGARAJA KELAS XI IBB J TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI HIRAGANA MEMORY HINT UNTUK PENGUASAAN HURUF HIRAGANA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
1812061001-COVER.pdf Download (615kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1812061001-ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812061001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061001-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061001-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1812061001-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi siswa SMAN 2 Singaraja kelas XI IBB J terhadap penggunaan aplikasi Hiragana Memory Hint untuk penguasaaan Huruf Hiragana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, data diperoleh menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Kuesioner terdiri dari tiga indikator yaitu aksesibilitas implementasi, materi, dan desain. Selanjutnya, data penelitian dianalisis menggunakan rumus statistik persentase. Berdasarkan hasil analisis data, pada aspek implementasi diperoleh skor 84.4 % (sangat baik), aspek materi, diperoleh skor 82.05 % (sangat baik), aspek desain diperoleh skor 83.33% (sangat baik). Disimpulkan bahwa persepsi siswa SMAN 2 Singaraja kelas XI IBB J terhadap penggunaan aplikasi Hiragana Memory Hint untuk penguasaaan Huruf Hiragana termasuk dalam kategori sangat baik dengan hasil rata-rata persentase keseluruhan indikator sebesar 83,26%. Hasil kuesioner terbuka menyatakan bahwa 34.5% siswa berpendapat bahwa aplikasi Hiragana Memory Hint sangat baik, dan 24.2% berpendapat menarik dan 24.2% berpendapat mudah digunakan. Terkait saran 48.2% siswa berpendapat tidak ada saran untuk aplikasi tersebut dan 7% memberi saran agar lebih ditingkatkan lagi. 96.6% siswa ingin agar aplikasi Hiragana tersebut digunakan saat pembelajaran huruf.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa, Media Pembelajaran, Hiragana Memory Hint, Huruf Hiragana, Pembelajaran Bahasa Jepang |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Anggereni Br Barus |
Date Deposited: | 06 Aug 2025 04:01 |
Last Modified: | 06 Aug 2025 04:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26506 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |