Vidia, Ratna Mei (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu Kelas XI Di SMAN Purwoharjo. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329071009-COVER.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329071009-ABSTRAK.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (348kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (894kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329071009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (279kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329071009-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu di SMAN Purwoharjo ditunjukkan oleh 72,5% dari 40 siswa kelas XI memperoleh nilai di bawah KKTP (75). Kurangnya inovasi pembelajaran dan penilaian yang mampu mengakomodasi gaya belajar peserta didik, serta keterbatasan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang dapat memberikan pengalaman belajar bermakna dapat menjadi penyebab rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas, kepraktisan, dan efektivitas media pembelajaran berbasis gaya belajar sebagai upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Hindu, sekaligus memberikan gambaran implementasi pembelajaran berbasis gaya belajar dengan pemanfaatan teknologi. Penelitian dan pengembangan model ADDIE diimplementasikan dengan subjek peserta didik kelas XI SMAN Purwoharjo. Instrumen yang digunakan meliputi validasi isi, desain, dan media oleh para ahli, untuk menilai kepraktisan dilakukan uji coba perorangan dan kelompok kecil, sedangkan untuk mengukur efektivitas dilakukan pretest dan posttest. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses rancang bangun media pembelajaran berbasis gaya belajar meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Media pengembangan berbasis gaya belajar juga mendapatkan rata-rata validasi isi sebesar 91%, desain 88%, dan media 90% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran berbasis gaya belajar dinilai sangat baik oleh pengguna dengan skor rata-rata 88%. Efektivitas media pembelajaran berbasis gaya belajar ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari 68,5 menjadi 83,7, serta peningkatan ketuntasan sebesar 22,19%. Pembelajaran dengan media ini melibatkan asesmen awal gaya belajar, pemilihan materi sesuai profil belajar, aktivitas interaktif berbasis teknologi, serta sistem umpan balik antara guru dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis gaya belajar efektif meningkatkan hasil belajar, menciptakan pembelajaran yang interaktif, dan menyenangkan. Penelitian lanjutan disarankan mengembangkan media serupa dengan cakupan materi lebih luas dan integrasi pembelajaran kolaboratif digital.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, gaya belajar, hasil belajar, agama hindu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | RATNA MEI VIDIA |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 23:05 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 23:05 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |