PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS VI BLAHBATUH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Triyanti, Komang (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS VI BLAHBATUH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031191-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031191-ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031191-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031191-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031191-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031191-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031191-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031191-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031191-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran team assisted individualization berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus VI Blahbatuh Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jenis penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 5 sekolah dalam 5 kelas dengan jumlah siswa semuanya adalah 159 orang. Penentuan sampel dipergunakan teknik cluster random sampling dengan melakukan pengundian. Berdasarkan pengundian yang dilakukan, didapat SD Negeri 4 Keramas berjumlah 33 orang sebagai kelompok eksperimen dan SD Negeri 5 Keramas berjumlah 31 orang sebagai kelompok kontrol merupakan sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dipergunakan tes objektif pilihan ganda biasa sejumlah 34 soal valid. Hasil perhitungan data berupa skor posttest kompetensi pengetahuan IPA yang telah dianalisis, menunjukkan rata-rata kelompok eksperimen lebih dari rata-rata kelompok kontrol ( kelompok eksperimen = 82,79 > kelompok kontrol = 74,87). Selanjutnya melakukan pengujian hipotesis dengan uji t polled varian, diperoleh thitung = 4,06 > ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 62 maka H0 ditolak. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model team assisted individualization berbantuan multimedia dengan kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus VI Blahbatuh Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan demikian, simpulannya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran team assisted individualization berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus VI Blahbatuh Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: team assisted individualization, multimedia, kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: KOMANG TRIYANTI
Date Deposited: 27 Jul 2020 20:35
Last Modified: 27 Jul 2020 20:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2669

Actions (login required)

View Item View Item