Kusumayani, Kadek Yulia (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN CULTURAL RESPONSIVE TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 4 TEMUKUS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031378-COVER.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031378-ABSTRAK.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031378-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031378-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031378-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031378-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031378-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031378-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031378-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD masih tergolong rendah karena pembelajaran belum kontekstual dan kurangnya media yang mengakomodasi latar belakang budaya siswa, sehingga keterlibatan belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa video berbasis Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD. Subjek dalam penelitian ini meliputi dua ahli materi, dua ahli media, dua guru kelas IV, serta siswa kelas IV SD Negeri 4 Temukus, dengan jumlah siswa yang terlibat sebanyak 18 orang, termasuk dalam uji coba individual, kelompok kecil, dan kelas eksperimen. Penelitian menggunakan model ADDIE dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan tes, serta analisis data kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini berupa (1) rancang bangun video pembelajaran kontekstual berbasis budaya lokal siswa, (2) validitas media dari ahli materi memperoleh indeks Aiken 0,94 dan dari ahli media 0,98, keduanya kategori sangat valid, (3) kepraktisan media dinyatakan sangat praktis dengan persentase 99% dari guru dan siswa, (4) efektivitas media terbukti melalui peningkatan hasil belajar yang signifikan berdasarkan uji-t (signifikansi 0,00). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa media video berbasis Culturally Responsive Teaching valid, praktis, dan efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD. Penerapan media pembelajaran berbasis budaya lokal tidak hanya meningkatkan hasil belajar secara kognitif, tetapi juga mampu membangun keterlibatan aktif dan sikap positif siswa terhadap budaya mereka sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, Culturally Responsive Teaching, Hasil Belajar IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KADEK YULIA KUSUMAYANI |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 00:53 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 00:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |