Agus Prayoga, I Wayan Eka (2025) Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Nyakan Diwang Pada Materi Energi Dan Sumber Energi Untuk Menstimulasi Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Kelas III Di SD Negeri Gugus VI Kecamatan Banjar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031546-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031546-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031546-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (270kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031546-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODEOLOGI PENELITIAN)
2111031546-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031546-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031546-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (943kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031546-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031546-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media video animasi pembelajaran berbasis kearifan lokal nyakan diwang, (2) menganalisis validitas isi media video animasi pembelajaran berbasis kearifan lokal nyakan diwang, (3) menganalisis kepraktisan media video animasi pembelajaran berbasis kearifan lokal nyakan diwang, dan (4) menganalisis efektivitas media video animasi pembelajaran berbasis kearifan lokal nyakan diwang dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Pengumpulan data terdiri dari metode kuesioner serta metode tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner serta lembar soal tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penelitian ini menghasilkan media video animasi pembelajaran berbasis kearifan lokal nyakan diwang dalam meningkatkan kecerdasan visual-spasial siswa kelas III sekolah dasar, (2) validitas materi yaitu 96% dan validitas media sebesar 96% dengan kualifikasi sangat baik, (3) kepraktisan media memperoleh skor 97% dengan kualifikasi sangat baik, dan (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t sebesar 0,000, hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) atau p < 0,05. Sehingga media video animasi pembelajaran berbasis kearifan lokal nyakan diwang efektif untuk menstimulasi kecerdasan visual-spasial siswa kelas III sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | video animasi pembelajar, Nyakan Diwang, kecerdasan visual-spasial. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Eka Agus Prayoga |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 23:11 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 23:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26841 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |