PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN MEDIA QUIZIZ TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 DENPASAR

Wiguna, I Nyoman Candra (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN MEDIA QUIZIZ TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 4 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2229091006-COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2229091006-ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2229091006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2229091006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2229091006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2229091006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2229091006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2229091006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2229091006-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Candra Wiguna, I Nyoman (2025), Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Quizizz Terhadap Motivasi Berprestasi dan Kepercayaan Diri Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 4 Denpasar. Tesis, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof. Dr. I Nengah Suastika, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Tuty Maryati, M.Pd. Kata-kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, media quizizz, motivasi berprestasi, dan kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi antara siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan pembelajaran bediferensiasi berbantuan media quizizz dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu. Data penelitian dikumpulkan dengan menentukan populasi dan sampel dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII dan populasi sebanyak 11 kelas dengan jumlah 440 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan data kuantitatif serta Teknik analisisnya menggunakan Multivariate Analysis Of Variance (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil perhitungan N-gain ternormalisasi kelas kontrol tergolong terjadi penurunan sedangkan kelas eksperimen mengalami peningkatan tergolong sedang. (2) Nilai N-gain kelas eksperimen melampaui N-gain kelas kontrol berarti pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media quizizz efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan kepercayaan diri. (3) Pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media quizizz berpengaruh signifikan terhadap motivasi berprestasi dan kepercayaan diri yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran berdiferensiasi yang dikolaborasikan dengan media quizizz (2) meningkatkan motivasi berprestasi apabila menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media quizizz. (3) kepercayaan diri yang meningkat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi berbatuan media quizizz, (4) pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media quizizz relevan dan efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan kepercayaan diri siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru untuk menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan media quizizz sebagai pendekatan pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang positif, meningkatkan keterlibatan, pemahaman dan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi, media quizizz, motivasi berprestasi, dan kepercayaan diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: I Nyoman Candra Wiguna
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:36
Last Modified: 12 Aug 2025 06:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26877

Actions (login required)

View Item View Item