Pengembangan E-modul Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Muatan IPS Kelas IV SD

Pandia, Nadia Arbreka Br S (2025) Pengembangan E-modul Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Muatan IPS Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031094-COVER.pdf

Download (889kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031094-ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031094-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031094-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031094-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031094-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031094-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031094-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031094-LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun E-modul berorientasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kemandirian belajar pada muatan IPS (2) untuk mengetahui kualitas E-modul berorientasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kemandirian belajar pada muatan IPS (3) mengetahui efektivitas E-modul berorientasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kemandirian belajar pada muatan IPS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode angket/kuisioner. Hasil penelitian ini adalah (1) E-modul dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli materi pembelajaran yaitu 1,00 dalam kategori ≥ 0,8 dalam kriteria aiken memiliki validitas tinggi, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu 0,83 dalam kategori ≥ 0,8 dalam kriteria aiken memiliki validitas tinggi dan hasil dari uji respon guru serta siswa yaitu 93,75% dan 81,09 % dalam konversi tingkat pencapaian dengan skala termasuk dalam kualifikasi baik. (2) Efektivitas E-modul berdasarkan uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi (1-talled) untuk kemandirian belajar siswa bernilai 0,000 pada taraf signifikansi 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa E-modul berorientasi pendidikan karakter pada materi kegiatan ekonomi meningkatkan kemandirian belajar siswa pada kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Pendidikan Karakter, Kemandirian Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Nadia Arbreka BR S. Pandia
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:00
Last Modified: 13 Aug 2025 01:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26905

Actions (login required)

View Item View Item