Pandia, Nadia Arbreka Br S (2025) Pengembangan E-modul Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar pada Muatan IPS Kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031094-COVER.pdf Download (889kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031094-ABSTRAK.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031094-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031094-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031094-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031094-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031094-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031094-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031094-LAMPIRAN.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun E-modul berorientasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kemandirian belajar pada muatan IPS (2) untuk mengetahui kualitas E-modul berorientasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kemandirian belajar pada muatan IPS (3) mengetahui efektivitas E-modul berorientasi pendidikan karakter dalam meningkatkan kemandirian belajar pada muatan IPS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode angket/kuisioner. Hasil penelitian ini adalah (1) E-modul dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian ahli materi pembelajaran yaitu 1,00 dalam kategori ≥ 0,8 dalam kriteria aiken memiliki validitas tinggi, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu 0,83 dalam kategori ≥ 0,8 dalam kriteria aiken memiliki validitas tinggi dan hasil dari uji respon guru serta siswa yaitu 93,75% dan 81,09 % dalam konversi tingkat pencapaian dengan skala termasuk dalam kualifikasi baik. (2) Efektivitas E-modul berdasarkan uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi (1-talled) untuk kemandirian belajar siswa bernilai 0,000 pada taraf signifikansi 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa E-modul berorientasi pendidikan karakter pada materi kegiatan ekonomi meningkatkan kemandirian belajar siswa pada kelas IV Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Pendidikan Karakter, Kemandirian Belajar, IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Nadia Arbreka BR S. Pandia |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:00 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |