Widiastuti, Ni Putu Kusuma (2025) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERMUATAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPTIF DITINJAU DARI KECERDASAN LINGUISTIK DENGAN MENGONTROL PENGETAHUAN MENULIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DI GUGUS INTI SEKECAMATAN BULELENG. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2139031005-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2139031005-ABSTRAK.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139031005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2139031005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (892kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2139031005-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Widiastuti, Ni Putu Kusuma (2025), Pengaruh Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) Bermuatan Mind Mapping Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Ditinjau Dari Kecerdasan Linguistik Dengan Mengontrol Pengetahuan Menulis Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Di Gugus Inti Sekecamatan Buleleng Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Promotor Prof. Dr. Ida Bagus Putrayasa, M.Pd. Co-promotor I Bapak Prof. Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes. Co-promotor II Prof. Dr. I Wayan Widiana,S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Project Based Learning, Mind Mapping, keterampilan menulis, karangan deskriptif, kecerdasan linguistiK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) bermuatan Mind Mapping terhadap keterampilan menulis karangan deskriptif siswa ditinjau dari kecerdasan linguistik dengan mengontrol pengetahuan menulis siswa. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis siswa, khususnya dalam menyusun karangan deskriptif, serta keterbatasan pembelajaran konvensional dalam mengembangkan kecerdasan linguistik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) dan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian terdiri dari 161 siswa kelas IV dari enam sekolah dasar pada gugus inti sekecamatan Buleleng, Bali. Data dikumpulkan melalui tes dan non-tes untuk mengukur kemampuan menulis dan kecerdasan linguistik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang belajar dengan model PjBL bermuatan Mind Mapping memiliki keterampilan menulis yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model konvensional, setelah mengontrol pengetahuan menulis; (2) siswa dengan kecerdasan linguistik tinggi menunjukkan kemampuan menulis yang lebih baik dibandingkan siswa dengan kecerdasan linguistik rendah; dan (3) terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kecerdasan linguistik terhadap keterampilan menulis siswa. Dengan demikian, model PjBL bermuatan Mind Mapping efektif diterapkan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa, terutama dalam menulis karangan deskriptif.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, Mind Mapping, keterampilan menulis, karangan deskriptif, kecerdasan linguistiK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S3) |
Depositing User: | Ni Putu kusuma widiastuti |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 06:35 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 06:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |