Putri, Talia Pramana (2025) Kontribusi Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII SMP Bintang Persada Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1813011013-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1813011013-ABSTRAK.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1813011013-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji sejauh mana kontribusi motivasi belajar dan kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep persamaan garis lurus di kalangan siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto, di mana analisis dilakukan melalui regresi sederhana dan berganda. Populasi penelitian berjumlah 165 siswa kelas delapan SMP Bintang Persada Denpasar tahun ajaran 2024/2025, tersebar pada enam kelas. Sampel penelitian terdiri atas lima kelas yang ditentukan menggunakan cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui angket untuk menilai motivasi belajar dan kecemasan matematika, serta tes hasil belajar materi persamaan garis lurus yang diperoleh dari sekolah untuk mengevaluasi kemampuan pemahaman konsep. Setelah melalui uji prasyarat, analisis regresi sederhana dan berganda dilakukan untuk menguji hipotesis. Dalam penelitian ini, ditemukan adanya kontribusi positif yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep persamaan garis lurus, dengan kontribusi sebesar 22,9% terhadap varians. Sebaliknya, kecemasan matematika memberikan kontribusi negatif terhadap kemampuan pemahaman konsep persamaan garis lurus sebesar 10,3%. Secara bersama-sama, motivasi belajar dan kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep persamaan garis lurus menunjukkan signifikan sebesar 27,5% dari varians. Hasil ini mengindikasi perlunya strategi pembelajaran yang tidak hanya menumbuhkan motivasi belajar, namun juga membantu siswa mengendalikan kecemasan terhadap matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Kecemasan Matematika, dan Kemampuan Pemahaman Konsep Persamaan Garis Lurus |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Talia Pramana Putri |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 00:27 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 00:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27010 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |