Dewi, Ni Luh Iin Shinta (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS II KUTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031167-COVER.pdf Download (581kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031167-ABSTRAK.pdf Download (513kB) |
|
Text (BAB 1)
1611031167-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (329kB) |
|
Text (BAB 2)
1611031167-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
1611031167-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
1611031167-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (677kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
1611031167-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031167-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031167-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science menggunakan media animasi terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus II Kuta Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus II Kuta Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel ditentukan dengan teknik classter random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V SD No. 2 Seminyak yang berjumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelompok V SD No. 1 Legian yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes objektif. Rata – rata gain skor ternormalisasi pada kelompok ekperimen adalah X ̅ = 0,829 dan pada kelompok kontrol adalah X ̅ = 0,545. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t (polled varians) pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 59 diperoleh thitung = 7,888 dan ttabel = 2,000. Dikarenakan thitung > ttabel maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Children Learning in Science menggunakan media animasi berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus II Kuta Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Children Learning in Science, Animasi, Kompetensi Pengetahuan IPA. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH IIN SHINTA DEWI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 13:07 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 13:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2703 |
Actions (login required)
View Item |