PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS II KUTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Dewi, Ni Luh Iin Shinta (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS II KUTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031167-COVER.pdf

Download (581kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031167-ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[img] Text (BAB 1)
1611031167-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text (BAB 2)
1611031167-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
1611031167-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
1611031167-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
1611031167-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031167-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031167-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning in Science menggunakan media animasi terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus II Kuta Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN Gugus II Kuta Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel ditentukan dengan teknik classter random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V SD No. 2 Seminyak yang berjumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelompok V SD No. 1 Legian yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan metode tes objektif. Rata – rata gain skor ternormalisasi pada kelompok ekperimen adalah X ̅ = 0,829 dan pada kelompok kontrol adalah X ̅ = 0,545. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t (polled varians) pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan 59 diperoleh thitung = 7,888 dan ttabel = 2,000. Dikarenakan thitung > ttabel maka, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Children Learning in Science menggunakan media animasi berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN Gugus II Kuta Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Children Learning in Science, Animasi, Kompetensi Pengetahuan IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI LUH IIN SHINTA DEWI
Date Deposited: 27 Jul 2020 13:07
Last Modified: 27 Jul 2020 13:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2703

Actions (login required)

View Item View Item