Nandiwardhana, I Kadek (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA SISWA PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2211035002-COVER.pdf Download (378kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2211035002-ABSTRAK.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2211035002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2211035002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2211035002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2211035002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2211035002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2211035002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2211035002-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video animasi berbasis kearifan lokal bali untuk meningkatkan literasi budaya pada materi keragaman budaya indonesia siswa kelas V SD Negeri 1 Tinggarsari yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode dari pengumpulan data menggunakan kuisioner dan tes objektif. Data dari validitas media bersumber dari ahli media pembelajaran dan ahli materi PKN SD. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain one group pre-test post- test dengan jumlah sampel sebanyak 15 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rancang bangun pengembangan media video animasi berbasis kearifan lokal bali untuk meningkatkan literasi budaya pada materi keragaman budaya indonesia kelas V SD, yang meliputi tahapan analisis, desain dan pengembangan; (2) produk yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 3,9 dengan kualifikasi sangat layak; (3) kepraktisan produk memperoleh hasil penilaian uji siswa sebesar 94% (sangat baik) dan uji guru sebesar 97% (sangat baik); (4) nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkolerasi menunjukan angka 0,000 atau p < 0,05 sehingga media Video Animasi efektif guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Tinggarsari. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media video animasi dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan literasi budaya siswa, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi1, Literasi Budaya2, Keragaman Budaya Indonesia3, Media Pembelajaran4. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I KADEK NANDIWARDHANA |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:19 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27030 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |