Muazaroh, Afiva Niswati (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA KELAS IV SD GUGUS VII KOMPYANG SUJANA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031258-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031258-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031258-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (326kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031258-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031258-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (611kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031258-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031258-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031258-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031258-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Open Ended berbantuan lembar kerja siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika kelas IV SD Gugus VII Kompyang Sujana. Penelitian ini berjenis eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan non equivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua kelas IV SD Gugus VII Kompyang Sujana. Jumlah SD di Gugus VII Kompyang Sujana adalah 7 sekolah dengan banyak kelas 15. Penentuan sampel penelitian ini menerapkan teknik cluster random sampling dengan pengacakan kelas yang telah tersedia kemudian dilaksanakan pengundian guna menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil pengundian didapatkan kelas IV A SD Negeri 12 Padangsambian sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B SD Negeri 14 Padangsambian sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kemampuan berpikir kreatif matematika dilakukan dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Rata-rata skor post-test kelas IV A sebagai kelompok eksperimen yaitu 15.82 lebih dari rata-rata kelas IV B sebagai kelompok kontrol dengan rata-rata 12.00. Kedua kelompok berada dalam kategori cukup baik. Hasil analisis uji-t memperlihatkan thitung > ttabel yaitu 9.6812 > 1.9883 dengan taraf signifikansi 5% dan dk 85. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Open Ended berbantuan lembar kerja siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika kelas IV SD Gugus VII Kompyang Sujana Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | open ended, lembar kerja siswa, kemampuan berpikir kreatif matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | AFIVA NISWATI MUAZAROH |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 04:45 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 04:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2723 |
Actions (login required)
View Item |