PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

SUKARMI, NI PUTU AYU WANDA (2026) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031513_COVER.pdf

Download (345kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031513_ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2111031513_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
2111031513_BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2111031513_BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031513_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2111031513_ BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031513_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031513_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SD Negeri 1 Melaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat pembelajaran yang masih berpusat pada guru, di mana siswa cenderung pasif menerima materi tanpa diberikan kesempatan untuk mengeksplorasi, mengemukakan pendapat, maupun mengaitkan konsep dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian berjumlah 41 siswa kelas V yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran CTL dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda yang disusun berdasarkan indikator hasil belajar Pendidikan Pancasila. Analisis data dilakukan dengan uji-t independen menggunakan bantuan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Nilai rata- rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 88 dengan kategori sangat baik sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 66 dengan kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model CTL berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model CTL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: 1. Model Pembelajaran CTL. 2.Hasil Belajar, 3. Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Putu Ayu Wanda Sukarmi
Date Deposited: 03 Dec 2025 06:42
Last Modified: 03 Dec 2025 06:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27343

Actions (login required)

View Item View Item