Widiastiti, Ni Luh Ayu (2020) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN SELAT KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031172_COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031172_ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031172_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031172_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031172_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031172_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031172_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031172_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611021172_LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching berbasis Pendidikan Karakter terhadap motivasi belajar IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 172 orang yang merupakan seluruh kelas IV SD gugus I Kecamatan Selat, sedangkan untuk sampel penelitian berjumlah 27 orang pada kelas IV SD Negeri 1 Duda Timur sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Duda Timur sebagai kelompok kontrol berjumlah 28 orang. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner motivasi belajar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa model pembelajaran quantum teaching berbasis pendidikan karakter berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD. Dari pengolahan data didapatkan hasil thitung =19,08, > ttabel = 1,67 artinya thitung lebih besar daripada ttabel. Perbandingan hasil hitung rata-rata nilai motivasi belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbasis pendidikan karakter 151,07 sedangkan siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching berbasis pendidikan karakter 112,53. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran quantum teaching berbasis pendidikan karakter berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus I Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2019/2020. Kata Kunci: quantum teaching, pendidikan karakter, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quantum teaching, pendidikan karakter, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI LUH AYU WIDIASTITI |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 23:43 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 23:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2747 |
Actions (login required)
View Item |