Ardika, Ngurah Putu (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TEKNIQUE (VCT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KARAKTER DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V DI SD GUGUS IV KECAMATAN NEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031259-COVER.pdf.pdf Download (493kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031259-ABSTRAK.pdf.pdf Download (42kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031259-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031259-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031259-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031259-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031259-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031259-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (113kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031259-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rendahnya karakter dan hasil belajar PKn siswa akibat kurang efektifnya penggunaan model dan media pembelajaran menjadi alasan penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Value Clarification Teknique (VCT) berbantuan media audio visual terhadap karakter dan hasil belajar PKn siswa kelas V di SDN Gugus IV Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pos-tes only control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus IV Kecamatan Negara berjumlah 170 orang dengan jumlah sampel 74 siswa ditentukan berdasarkan kelompok (intact grup) dengan teknik cluster random sampling. Data karakter siswa dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar PKn siswa di kumpulkan dengan tes objektif. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan manova. Hasil perhitungan skor rata-rata karakter 85.10 termasuk kategori sangat baik dan hasil belajar PKn 81.90 termasuk kategori sangat baik, sedangkan perolehan skor pada kelas kontrol yaitu rata-rata skor karakter 80.29 termasuk kategori sangat baik dan hasil belajar PKn 68.14 termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran VCT berbantuan media audio visual berpengaruh positif terhadap karakter dan hasil belajar PKn siswa. Model ini dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan alternatif oleh guru untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VCT, karakter, hasil belajar PKn, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NGURAH PUTU ARDIKA |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 21:40 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 21:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2778 |
Actions (login required)
View Item |