Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SD Gugus III Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020

Kesumadewi, Dewa Ayu (2020) Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SD Gugus III Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031200-COVER.pdf

Download (628kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031200-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031200-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031200-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031200-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031200-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031200-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031200-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031200-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan media cerita bergambar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar. Populasi pada penelitian ini adalah kelas V SD di Gugus III Kecamatan Tampaksiring yang berjumlah 116 orang, dan sampel pada penelitian ini adalah SDN 2 Sanding yang berjumlah 30 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SDN 1 Pejeng Kaja yang berjumlah 24 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif pada kelompok eksperimen didapatkan skor rata-rata sebesar 23,60. Skor rata-rata tersebut menunjukkan hasil belajar bahasa Indonesia pada kelompok eksperimen berada pada kategori sangat baik. Selanjutnya analisis statistik deskriptif pada kelompok kontrol didapatkan skor rata-rata sebesar 22,21. Skor rata-rata tersebut menunjukkan hasil belajar bahasa Indonesia pada kelompok kontrol berada pada kategori baik. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,32 dan untuk nilai ttabel¬ dengan derajat kebebasan (db) = 52 dan taraf signifikan 5% diperoleh nilai ttabel = 2,00. Sehingga nilai thitung = 2,32 > nilai ttabel = 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition CIRC berbantuan media cerita bergambar terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Tampaksiring Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, CIRC, media cerita bergambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: DEWA AYU KESUMADEWI
Date Deposited: 27 Jul 2020 22:16
Last Modified: 27 Jul 2020 22:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2814

Actions (login required)

View Item View Item