Marheni, Ni Ketut (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus VII Kecamatan Payangan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031193-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031193-ABSTRAK.pdf Download (501kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031193-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (371kB) |
|
Text (BAN 2 KAJIAN TEORI)
1611031193-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031193-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031193-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (818kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031193-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031193-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031193-LAMPIRAN.pdf Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus VII Kecamatan Payangan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan nonequivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 86 orang dari seluruh kelas IV SD di Gugus VII Kecamatan Payangan. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 5 Buahan yang berjumlah 20 sebagai kelas eksperimen dan siswa SDN 4 Buahan yang berjumlah 20 sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan memberikan kesempatan yang sama kepada semua anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel penelitian. Dalam penelitian ini, yang diundi sebagai sampel adalah lima sekolah yang ada di Gugus VII Kecamatan Payangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan insrumen tes dan non tes, instrumen tes berupa tes pilihan ganda digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar IPA dan intrumen non tes berupa kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data sikap sosial siswa. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Varians) pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap sosial siswa (F sebesar 16,714, df = 1, dan sig. = 0,000), 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPA (F sebesar 81,385, df = 1, dan sig. = 0,000), 3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPA siswa (nilai signifikan Pillai's Trace , Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root adalah sebesar 0,000). Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif baik secara parsial maupun simultan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPA siswa, yang berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sikap sosial, dan hasil belajar IPA. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI KETUT MARHENI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 03:33 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 03:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2861 |
Actions (login required)
View Item |