Kresnawati, Dewi (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM MELALUI LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VIII KECAMATAN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1511031437-COVER.pdf Download (698kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1511031437-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511031437-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (198kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511031437-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511031437-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511031437-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1511031437-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511031437-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1511031437-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team melalui lesson study dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa SD kelas V Gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng yang berjumlah 130 siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 1 Kendran yang berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 2 Paket Agung berjumlah 40 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar matematika dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriptif dan statistik t-test dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (5,90) > ttabel (2,00172) dan nilai rata - rata kelompok eksperimen 19,5 dan rata - rata kelompok kontrol 15,55 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team melalui lesson study dan kelompok siswa yang dibelajarkan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe quiz team melalui lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | quiz, lesson study, hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Dewi Kresnawati |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 05:16 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 05:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2875 |
Actions (login required)
View Item |