PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUABUKU CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS LETKOL WISNU DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020

Agustiari, Ni Putu Suci (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUABUKU CERITA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS LETKOL WISNU DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031136-COVER.pdf

Download (628kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031136-ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031136-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031136-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031136-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031136-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031136-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031136-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031136-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Talking Stick berbantuan buku cerita dapat memberikan pengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan percobaan yang terencana menggunakan design eksperimen semu atau non equivalent control group design. Dalam penelitian ini untuk menentukan sampel dengan mengacak kelas atau teknik random sampling. Pada penelitian ini mengambil populasi semua siswa kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu sejumlah 308 siswa. Sampel yang diperoleh pada penelitian ini yaitu sebanyak 65 siswa,30 anak merupakan siswa kelas V SD Negeri 5 peguyangan yang terpilih sebagai kelompok yang diberikan perlakuan dan sebanyak 35 anak merupakan siswa kelas V SD Negeri 3 peguyangan yang terpilih sebagai kelompok pembanding. Cara mengumpulkan data kompetensi pengetahuan siswa dilakukan dengan lembar teknik test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai pretest dan posttest menggunakan uji-t. Diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen 80,33 dan kelas control sebesar 66,29 berdasarkan hal tersebut siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Talking Stick lebih unggul dibandingkan siswa yang belajar secara konvensional. Diperoleh nilai thitung = 2,389 > ttabel=2,000 dengan dk = 63 dan taraf signfikansi 5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model Talking Stick berbantuan buku cerita terhadap keetrampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu Denpasar Tahun Ajaran 2019/2020 setelah diberikan treatment

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: talking stick, buku cerita, pemahaman.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU SUCI AGUSTIARI
Date Deposited: 27 Jul 2020 23:46
Last Modified: 27 Jul 2020 23:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2887

Actions (login required)

View Item View Item