PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII

Sunarsa, I Komang (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513071004-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513071004-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1513071004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (500kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1513071004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1513071004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513071004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1513071004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513071004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513071004-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan karakteristik serta mendeskripsikan validitas dan kepraktisan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA kelas VII materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan yang menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan model Borg and Gall. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi. (1) Pemetaan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi draft produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Uji validitas pada pengembangan ini melibatkan dua orang ahli, uji kepraktisan produk ini melibatkan 14 peserta didik dalam penilaian keterbacaan dan melibatkan tiga orang guru dan 12 orang peserta didik dalam penilaian keterlaksanaan. Hasil uji validitas ahli dan uji kepraktisan dianalisis secara deskriptif. Hasil validasi produk menunjukkan bahwa (1) hasil validasi lembar kerja peserta didik oleh ahli telah memenuhi kategori sangat valid yaitu 3,68. (2) hasil keterbacaan lembar kerja peserta didik oleh peserta didik telah memenuhi kaidan sangat terbaca yaitu 3,83. (3) hasil penilaian keterlaksanaan produk oleh guru dan peserta didik masing-masing sebesar 3,45 dan 3,86 sehingga dapat dinyatakan sangat praktis dari penilaian praktisi tersebut. Setelah melalui tahap revisi diperoleh produk LKPD dengan karakteristik yang terdiri dari deskripsi siklus 5M dalam pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan yang didalamnya disajikan fenomena-fenomena yang kontekstual dengan bahasa yang komunikatif dan telah sesuai dengan EBI. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja peserta didik, pendekatan saintifik, pencemaran lingkungan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: I Komang Sunarsa
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:24
Last Modified: 29 Jul 2020 03:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2923

Actions (login required)

View Item View Item