Winda Pramitha, Gusti Ayu Kade (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Moh. Hatta Kecamatan Denpasar Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031336-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031336-ABSTRAK.pdf Download (171kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031336-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031336-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031336-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (770kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031336-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031336-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031336-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (436kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031336-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk dapat mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD Negeri Gugus Moh. Hatta Kecamatan Denpasar Selatan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu serta menggunakan rancangan penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Moh. Hatta Kecamatan Denpasar Selatan yang memiliki jumlah 242 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Panjer memiliki jumlah 39 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping serta siswa kelas V SDN 3 Panjer dengan jumlah 38 siswa sebagai kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitian berupa tes yaitu tes kompetensi pengetahuan IPS dengan bentuk pilihan ganda biasa. Data yang terkumpul dinormalisasikan dengan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistik inferensial uji-t. Dari data tersebut diperoleh nilai rata-rata gain skor kompetensi pengetahuan IPS pada kelompok yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping yaitu 0,460 sedangkan pada kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 0,273. Dari analisis data diperoleh hasil yaitu thitung =5,757> ttabel = 1,980 dengan taraf signifikansi 5% serta dk =75. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh simpulan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD Negeri Gugus Moh. Hatta Kecamatan Denpasar Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, mind mapping, kompetensi pengetahuan IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Kade Winda Pramitha |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 20:22 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 20:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2934 |
Actions (login required)
View Item |