Dewi Mirah Resita, Ni Luh Gede (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1613071017-COVER.pdf Download (947kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613071017-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1613071017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (251kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1613071017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1613071017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1613071017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (339kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613071017-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) karakteristik modul, (2) kevalidan dari segi bahasa dan materi, (3) kepraktisan penggunaan modul, dan (4) keefektifan dari modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model Borg dan Gall yang dimodifikasikan dengan model ADDIE. Prosedur pengembangan produk modul berbasis inkuiri terdiri dari: 1) analisis kebutuhan, 2) tahap perencanaan, 3) tahap pengembangan, dan 4) tahap uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar validasi ahli dan lembar angket praktisi. Modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri memiliki karakteristik berupa modul penemuan konsep dengan sintaks pembelajaran inkuiri. Hasil penelitian ini adalah modul IPA berbasis inkuiri layak dari segi kevalidan dan kepraktisan untuk digunakan dalam pembelajaran IPA. Kelayakan modul IPA berbasis inkuiri tersebut meliputi kevalidan bahasa dan materi serta kepraktisan dalam penggunaan modul. Uji kevalidan modul dilakukan oleh ahli bahasa dan materi sedangkan uji kepraktisan penggunaan di sekolah dilakukan oleh guru. Hasil uji kevalidan materi modul menggunakan analisis Gregory diperoleh skor 1,00 dengan kualifikasi validasi isi sangat tinggi sedangkan uji kevalidan bahasa memperoleh nilai sebesar 88,9 dengan kualifikasi sangat valid. Hasil uji kepraktisan modul diperoleh nilai sebesar 81,75 dengan kualifikasi sangat praktis. Uji keefektifan modul tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul, inkuiri, pencemaran lingkungan |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Gede Mirah Resita Dewi |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 04:20 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 04:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2952 |
Actions (login required)
View Item |