Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SD Gugus IV Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020

Putri, Ni Luh Pradnyanita (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SD Gugus IV Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031006-COVER.pdf

Download (543kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031006-ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
1611031006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031006-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD GUGUS IV MENGWI TAHUN AJARAN 2019/2020 Oleh : Ni Luh Pradnyanita Putri, NIM 1611031006 Program Studi PGSD ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media flash card terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Gugus IV Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Eksperimen semu dengan desain Non Equivalen Controlgroup Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 9 kelas terdiri atas 230 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling, selanjutnya di undi untuk mencari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil undian, kelas IV SD No. 1 Lukluk sebanyak 39 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD No. 3 Lukluk sebanyak 42 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode dalam pengumpulan data yaitu metode tes, dan instrumen berupa tes uraian. Rata-rata (X̅) gainskor ternormalisasi kelompok eksperimen = 0,186 dan kelompok kontrol = 0,158. Data dianalisis menggunakan analisis uji-t polled varians. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung = 2,170 > ttabel = 1,990, pada taraf signifikansi 5% dengan (dk= 39+42–2=79) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis karangan deskripsi antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media flash card dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus IV Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media flash card berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Gugus IV Mengwi Tahun Ajaran 2019/2020. kata kunci : concept sentence,flash card, keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: concept sentence,flash card, keterampilan menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Pradnyanita Putri
Date Deposited: 28 Jul 2020 21:37
Last Modified: 28 Jul 2020 21:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item