Wiraharta, I Pt Rian Nugraha (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031226-COVER.pdf Download (740kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031226-ABSTRAK.pdf Download (14kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031226-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (408kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031226-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031226-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031226-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (788kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031226-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031226-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031226-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Open Ended berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian eksperimen ini termasuk jenis eksperimen semu yang didesain dengan konsep non-equivalen post-test only control group design. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 179 orang yang merupakan siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Kelas VA SD Negeri 1 Panji Anom yang berjumlah 24 siswa terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara kelas V SD Negeri 4 Panji Anom berjumlah 25 siswa terpilih sebagai kelompok kontrol. Hasil tersebut diperoleh dari penentuan sampel melalui simple random sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar matematika adalah metode tes dengan menggunakan tes essay/uraian yang berjumlah 10 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung = 24,63 dan ttabel = 2,01. Kriteria pengujian menunjukan thitung> ttabel (24,63 > 2,01), maka H1 diterima H0 ditolak. Simpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Open Ended berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | open ended, tri kaya parisudha, hasil belajar, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I PT. RIAN NUGRAHA WIRAHARTA |
Date Deposited: | 29 Jul 2020 01:02 |
Last Modified: | 29 Jul 2020 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2966 |
Actions (login required)
View Item |