PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Wiraharta, I Pt Rian Nugraha (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS VI KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031226-COVER.pdf

Download (740kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031226-ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031226-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031226-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031226-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031226-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031226-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031226-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031226-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Open Ended berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian eksperimen ini termasuk jenis eksperimen semu yang didesain dengan konsep non-equivalen post-test only control group design. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 179 orang yang merupakan siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Kelas VA SD Negeri 1 Panji Anom yang berjumlah 24 siswa terpilih sebagai kelompok eksperimen, sementara kelas V SD Negeri 4 Panji Anom berjumlah 25 siswa terpilih sebagai kelompok kontrol. Hasil tersebut diperoleh dari penentuan sampel melalui simple random sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar matematika adalah metode tes dengan menggunakan tes essay/uraian yang berjumlah 10 butir. Data tersebut dianalisis menggunakan uji-t, diperoleh hasil thitung = 24,63 dan ttabel = 2,01. Kriteria pengujian menunjukan thitung> ttabel (24,63 > 2,01), maka H1 diterima H0 ditolak. Simpulan dari hasil analisis data dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Open Ended berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: open ended, tri kaya parisudha, hasil belajar, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I PT. RIAN NUGRAHA WIRAHARTA
Date Deposited: 29 Jul 2020 01:02
Last Modified: 29 Jul 2020 01:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2966

Actions (login required)

View Item View Item