Sulistianingsih, Kadek Ferna (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berorientasi Masalah Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Di Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1611031152-COVER.pdf.pdf Download (907kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031152-ABSTRAK.pdf.pdf Download (183kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031152-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf.pdf Download (442kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031152-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031152-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN. pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (867kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031152-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031152-BAB 5 PENUTUP.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031152-DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (430kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031152-LAMPIRAN.pdf.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Make A Match Berorientasi Masalah Kontekstual dan siswa yang di belajarkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan post test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng yang berjumlah 198 siswa. Sampel dari penelitian ini SD Negeri 1 Panji anom dan SD Negeri 2 Panji Anom dengan total jumlah siswa 67 siswa. Sampel ini diambil dengan teknik random sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini tes objektif. Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan analisis inferensial. Besarnya thitung 3,68, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan dk= 65 yaitu 2,00. Hal ini berarti thitung lebih besar dari pada ttabel. Disamping itu, rata-rata skor hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen 81,00 lebih tinggi dibandingkan siswa kelompok kontrol yang memiliki rata-rata skor 73,13. Dengan demikian, model pembelajaran Make a Match Berorientasi masalah Kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus VI Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make a Match, Berorietasi Masalah Kontekstual, Hasil Belajar IPA |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | KADEK FERNA SULISTIANINGSIH |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 14:14 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 14:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2968 |
Actions (login required)
View Item |