Santhi, Ni Luh Komang Widya (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) BERBANTUAN MEDIA DIORAMA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS LETDA KAJENG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031034-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031034-ABSTRAK.pdf Download (219kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1611031034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (239kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1611031034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1611031034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1611031034-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031034-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031034-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran visualization, auditory, kinestetic (VAK) berbantuan media diorama terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Letda Kajeng tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental yaitu quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Letda Kajeng, yang berjumlah 275 siswa. Penetapan sampel dengan menggunakan teknik random sampling yang kemudian diperoleh dua kelas yaitu kelas IV B SD Negeri 4 Pemecutan yang berjumlah 39 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD Negeri 8 Pemecutan yang berjumlah 37 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPS diperoleh dengan tes pilihan ganda biasa. Data tes kompetensi IPS dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung =6,726> ttabel =1,993 dengan taraf signifikansi 5% dengan dk = 74. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) berbantuan media diorama dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Negeri Gugus Letda Kajeng Tahun Ajaran 2019/2020. Rata-rata kelompok eksperimen X ̅ =82,190 > X ̅ = 64,476 kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran visualization, auditory, kinestetic (VAK) berbantuan media diorama berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Letda Kajeng tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | VAK, diorama, kompetensi pengetahuan IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Komang Widya Santhi |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 20:28 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 20:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2974 |
Actions (login required)
View Item |