PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN BERBASIS BERPIKIR KREATIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS III KUTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Larasanty, Ni Kadek Puspa Indah (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN BERBASIS BERPIKIR KREATIF TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS III KUTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031211-COVER.pdf

Download (425kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031211-ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031211-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031211-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031211-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031211-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031211-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031211-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031211-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis berpikir kreatif terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus III Kuta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental quasi eksperiment, dan rancangan penelitian Non Equivalen Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus III Kuta yakni sebanyak 9 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 293 orang siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh SD No. 1 Tuban sebagai kelas eksperimen, dan SD No. 6 Tuban sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 30 butir tes yang telah divalidasi. Rerata posttest kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok eksperimen yaitu ¯x = 78,28 dan kelompok kontrol ¯x= 60,89. Rerata dideskripsikan dengan PAN skala lima dan berkategori cukup. Data posttest kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t polled varians. Hasil analisis data diperoleh (thitung=4,50 > ttabel =2,000) pada taraf signifikasi 5% (dk = 33+30–2 = 61) maka, H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis berpikir kreatif dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional kelas IV SD Gugus III Kuta Tahun ajaran 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain berbasis berpikir kreatif terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus III Kuta tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Predict Observe Explain, berpikir kreatif, Kompetensi Pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI KADEK PUSPA INDAH LARASANTY
Date Deposited: 28 Jul 2020 13:57
Last Modified: 28 Jul 2020 13:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2989

Actions (login required)

View Item View Item