Lestari, Ni Made Diah Dwi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS DR. SOETOMO DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031202-COVER.pdf Download (753kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031202-ABSTRAK.pdf Download (207kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031202-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (326kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031202-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031202-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031202-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031202-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031202-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (327kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031202-LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Dr. Soetomo Denpasar Selatan. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 4 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 14 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan tes objektif pilihan ganda berjumlah 36 butir tes yang telah tervalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 4,51 yang kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 74 diperoleh 2,00. Hasil analisis hipotesis menunjukkan thitung = 4,51 > ttabel = 2,00, maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia dan kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri Gugus Dr. Soetomo Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020. Selain itu, berdasarkan rata-rata data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh rata-rata kelompok eksperimen = 81,14 lebih besar dari rata-rata kelompok kontrol = 72,43. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus Dr. Soetomo Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran SAVI, multimedia, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI MADE DIAH DWI LESTARI |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 14:25 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 14:25 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3052 |
Actions (login required)
View Item |