PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS DR. SOETOMO DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Lestari, Ni Made Diah Dwi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SD NEGERI GUGUS DR. SOETOMO DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031202-COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031202-ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031202-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031202-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031202-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031202-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031202-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031202-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031202-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus Dr. Soetomo Denpasar Selatan. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 4 Sesetan sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 14 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPA dilakukan dengan tes objektif pilihan ganda berjumlah 36 butir tes yang telah tervalidasi. Data kompetensi pengetahuan IPA dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 4,51 yang kemudian dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 74 diperoleh 2,00. Hasil analisis hipotesis menunjukkan thitung = 4,51 > ttabel = 2,00, maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia dan kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri Gugus Dr. Soetomo Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020. Selain itu, berdasarkan rata-rata data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh rata-rata kelompok eksperimen = 81,14 lebih besar dari rata-rata kelompok kontrol = 72,43. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Negeri Gugus Dr. Soetomo Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran SAVI, multimedia, kompetensi pengetahuan IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI MADE DIAH DWI LESTARI
Date Deposited: 28 Jul 2020 14:25
Last Modified: 28 Jul 2020 14:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3052

Actions (login required)

View Item View Item