PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VII SAYAN KECAMATAN UBUD TAHUN AJARAN 2019/2020

Budi Apsari Dewi, Kadek (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN KARTU BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VII SAYAN KECAMATAN UBUD TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031026-COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031026-ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031026-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031026-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031026-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASN)
1611031026-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031026-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031026-DAPTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031026-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS berbantuan kartu bergambar terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri di Gugus VII Sayan Kecamatan Ubud tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Gugus VII Kecamatan Ubud dengan jumlah siswa 150 siswa. Untuk menentukan sampel digunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas V SD Negeri 2 Sayan sebagai kelas eksperimen dan kelas V SD Negeri 3 Sayan sebagai kelas kontrol dengan jumlah sampel 67 siswa. Pengumpulan data keterampilan menulis dilakukan dengan instrumen yaitu tes subjektif dalam bentuk uraian. Data dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t yang sembelumnya dilakukan uji prasyarat. Diketahui nilai rata-rata yang diperoleh dari keterampilan menulis adalah kelas eksperimen = 73,57 dan kelas kontrol = 64,05. Selanjutnya dari hasil analisis uji-t diperoleh harga thitung= 4,435 > dari ttabel= 2,000 dengan taraf signifikan 5 % dengan db = n1 + n2 – 2 = 65 Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model TPS berbantuan kartu bergambar dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Selain itu dilihat dari rata-ratanya bahwa keterampilan menulis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model TPS berbantuan kartu bergambar lebih baik dari siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa model TPS berbantuan kartu bergambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD Negeri Gugus VII Sayan Kecamatan Ubud tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Think pair share, kartu bergambar, keterampilan menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Kadek Budi Apsari Dewi
Date Deposited: 28 Jul 2020 20:36
Last Modified: 28 Jul 2020 20:36
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item